Rabu, 31 Maret 2021

15 Pesona Objek Wisata kerinci Jambi Yang Wajib di Kunjungi | ARIF OGIE

15 Pesona Objek Wisata kerinci Jambi

ARIF OGIE - Kerinci adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jambi. Asal kata Kerinci itu sendiri berasal dari bahasa Tamil, India yaitu Kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di daerah pegunungan India Selatan.

Kabupaten Kerinci sangat terkenal akan keindahan alamnya. Kondisi geografis yang sangat menarik, memungkinkan adanya berbagai ekosistem mulai dari sungai, danau, air terjun, perkebunan, dan tentu saja Gunung Kerinci yang sangat begitu populer.

Jika berbicara keindahan alam Kerinci yang memiliki keindahan alam sangat luar biasa, tidak akan habis-habisnya. Pesona alam kerinci telah diakui oleh dunia.

Sebelum teman - teman akan mengunjungi Kabupaten Kerinci berikut ini kami ulas 15 Pesona Objek Wisata Kerinci, Jambi yang wajib untuk di Kunjungi.

1. PERKEBUNAN TEH KAYU ARO

Perkebunan Teh Kayo Aro

Perkebunan Teh Kayo Aro adalah perkebunan tertua di Indonesia, juga merupakan kedua terbesar di dunia setelah Darjeeling Tea Plantation di India. 

Kebun teh ini memiliki luas 3.020 hektar, menjadi tempat wisata dengan keindahan hamparan pohon teh dan kerindahan Gunung Kerinci.

2. DANAU KERINCI

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan danau yang memiliki luas wilayah 5000 meter persegi dengan memiliki ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau yang terletak di kaki Gunung Rayo ini merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci, Luasnya adalah 4.200 hektare.

Danau Kerinci menjadi salah satu tujuan wisata utama, banyak pemandangan-pemandangan menarik, kawasan tepi danau disediakan beberpa area spot foto untuk para pengunjung. 

Kawasan sekeliling Danau Kerinci pun dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi air yang menarik seperti memancing, berenang, tempat perkemahan ataupun berbagai aktivitas lain seperti wisata kuliner khas Kabupaten Kerinci yang disediakan oleh restoran-restoran yang ada di sekitar Danau Kerinci. .

3. DANAU KACO

Danau Kaco

Danau Kaco memiliki pesona airnya yang sangat jernih kebiruan seperti kaca, pengunjung akan menikmati pemandangan bawah air yang mengagumkan, sehingga pengunjung dapat melihat langsung sampai ke bawahnya.

Danau kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO.

Danau kaco dapat memancarkan cahaya terang saat di malam hari, keunikan yang khas yang jarang dimiliki oleh danau-danau lain yang ada di Indonesia.

Jika para pengunjung datang ke Danau Kaco pada saat bulan purnama maka para pengunjung tidak membutuhkan alat bantu penerangan karena air danau dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang.

4. DANAU GUNUNG TUJUH

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Danau seluas 960 hektare, dengan panjang 4,5 kilometer dan lebar 3 kilometer itu dikelilingi oleh tujuh gunung. sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

Berendam di Danau Gunung Tujuh yang sangat dingin menjadi sensasi yang tak akan ditemukan di tempat lain.

5. DANAU LINGKAT

Danau Lingkat

Danau Lingkat terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. tempat ini memiliki luas berkisar 12 hektar.  Untuk bisa menikmati keindahan Danau harus menempuh perjalanan sekitar 43 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Anda harus berkendara selama sekitar satu jam jika ingin berkunjung ke danau ini.

Danau Lingkat menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu diburu wisatawan.  Airnya berwarna hijau pekat dengan Panoramanya yang indah. Danau ini mampu memikat siapapun yang datang. Suasana asri disertai pemandangan berupa hamparan pepohonan hijau, lereng-lereng bukit yang dipenuhi pepohonan hingga berjalan dari Desa Lempur menjadi petualangan yang tak akan terlupakan

6. AIR TERJUN TELUN BERASAP

Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap adalah salah satu dari begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 Meter. Sumber air dari Air Terjun Telun Berasap adalah sungai-sungai yang berhulu disekitar Gunung Tujuh

Air Terjun Telun Berasap menawarkan panorama alam yang asri. Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, dan menciptakan kemilau cahaya warnai-warni bagaikan pelangi.

7. AIR TERJUN PANCURAN RAYO

Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo merupakan air terjun di Kabupaten Kerinci yang menjadi salah satu air terjun tertinggi di Sumatera. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 150 meter ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tak heran jika kawasan hutan di sini cukup lebat. Jika pergi kekawasan ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 /orang.
Daya tarik dari air terjun ini adalah hujan embun yang dihasilkan dari air yang jatuh dari ketinggian. 

8. AIR PANAS SEMURUP

Air Panas Semurup

Air Panas Semurup merupakan salah satu objek wisata yang terletak di di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur. Air Panas Semurup yang keluar dari perut bumi merupakan sumber mata air panas alami dari kegiatan vulkanik. Air Panas Semurup ini sering mengeluarkan uap panas yang berbau belerang.

Ketika tiba di tempat ini wisatawan bisa melihat asap mengepul tinggi di mata air panas. Selain itu wisatawan juga bisa merebus telur ataupun pisang di sumber Air Panas Semurup ini.

9. AIR TERJUN TALANG KEMULUN

Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun terletak di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Air terjun Talang Kemulun masuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang tersembunyi di balik hutan. 

Air Terjun Talang Kemulun memiliki sekitar 12 tingkatan tangga-tangga yang menjulang tinggi. Pengunjung akan mendapatkan sensasi yang berbeda pada tiap tingkatan.

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus berjalan kaki satu jam dari Desa Kemulun, melewati perkebunan dan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. 

10. GUNUNG KERINCI

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci atau dikenal sebagai Gunung Gedang adalah gunung tertinggi di Sumatra, sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci terletak berbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi, Gunung ini juga menjadi batas antara wilayah Etnis Minangkabau dengan Suku Kerinci yang dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatera.

Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatra. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

11.  
BUKIT KHAYANGAN

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan merupakan salah satu primadona destinasi wisata di dataran tinggi Kerinci. Menghadirkan panorama indah dengan pemandangan danau Kerinci sebagai sajian utamanya

Bukit Khayangan merupakan kawasan wisata Negeri di Atas Awan, itulah julukan yang disematkan pada Bukit Khayangan. Lokasinya di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh. terletak dibarisan Gunung Raya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Dari Kota Sungai Penuh, Bukit Khayangan bisa ditempuh sekitar 30 menit. Jalan mendaki dan berliku yang berukuran cukup kecil untuk menuju ke lokasi, namun tak bikin bosan karena selama perjalanan akan disuguhkan pemadangan alam perbukitan.

12. KAWASAN AROMA PEKO

Taman Wisata Aroma Pecco

Taman Wisata Aroma Pecco merupakan tempat wisata danau buatan yang berada di tengah-tengah perkebunan teh di Kayu Aro. Menawarkan panorama alam yang masih natural, serta berbagai wahana wisata menarik.

Aroma Pecco terletak pada Desa Bento,  Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk berkunjung ke taman wisata ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kabupaten Kerinci yaitu Sungai Penuh. 

13. 
TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT


Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat  berada di sebelah barat dari Pulau Sumatera memiliki luas area hampir 1,4 juta hektare. Taman nasional terbesar di Sumatra ini terletak pada koordinat antara 100°31'18"E - 102°44'01"E dan 1°07'13"S - 1°26'14"S. Secara administratif wilayah taman nasional ini berada di 14 kabupaten dan 2 kota yang termasuk dalam 4 provinsi yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan.

Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatra, Gunung Kerinci (3.805 m). Taman nasional ini juga terdiri dari mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, 

14. GOA KASAH

Goa Kasah

Goa Kasah yang menawarkan sensasi berpetualang serta wisata prasejarah. Goa yang menjadi salah satu situs sejarah di Kerinci ini memang sangat menarik untuk dieksplor. Konon, goa ini menjadi tempat tinggal bagi manusia purba yang hidup ribuan tahun lalu ini terdapat beberapa lukisan dan tulisan di dinding goa, serta kursi batu dan juga kamar dengan batu yang menyerupai tempat tidur.

15. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Sebelumnya, Pantai Pasir Panjang merupakan lokasi bagi nelayan memancing ikan dan tempat tambak-tambak ikan. Kini, telah disulap hasil kreatifitas masyarakat sekitar, jadilah Pantai Pasir Panjang. Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang indah seperti berada di pantai sungguhan. Dipinggir pantai dibuat spot untuk berpoto, dengan tulisan 'kunjungilah Pantai Panjang Tanjung Tanah.

Nah, itulah ulasan 15 Pesona Objek Wisata Kerinci, Jambi yang wajib untuk di Kunjungi oleh para wisatawan. (ARIF OGIE)

Posting Komentar